REVIEW JURNAL

Nama Jurnal
Analis Pengaruh Kebijakan Harga, Pelayanan Dan Fasilitas Pendukung Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT.Semen Tonasa Kabupaten Pangkep

Nama Penulis
Rizki Dharma (Universitas Hasanuddin Makassar)

Latar belekang
Pada era bisnis saat ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat. Persaingan yang semakin ketat ini menuntut para pelaku bisnis untuk mampu memaksimalkan kinerja perusahaannya agar dapat bersaing di pasar. Perusahaan harus berusaha keras untuk mempelajari dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Dengan memahami kebutuhan keinginan dan permintaan pelanggan, maka akan memberikan masukan penting bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran agar dapat menciptakan kepuasan bagi pelanggannya (Kotler dan Amstrong, 2001). Perusahaan harus menempatkan orientasi pada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama. Hal ini tercermin dari semakin banyaknya perusahaan yang menyertakan komitmennya terhadap kepuasan pelanggan dalam pernyataan misinya, iklan, maupun public relation release. Kunci utama perusahaan untuk memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Pelanggan yang diibaratkan seorang raja yang harus dilayani, namun hal ini bukan berarti menyerahkan segala-galanya kepada pelanggan. Usaha memuaskan kebutuhan pelanggan harus dilakukan secara menguntungkan atau bersifat “winwin situation” yaitu dimana kedua belah pihak merasa senang atau tidak ada yang dirugikan. Kepuasan pelanggan merupakan suatu hal yang sangat berharga demi mempertahankan keberadaan pelanggannya tersebut untuk tetap berjalannya suatu bisnis atau usaha (Chandra dan Danny, 2001).Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, ada sembilan produsen semen yang terdaftar hingga tahun 2012. Pelayanan, harga, dan fasilitas yang ditawarkan pun berbeda antara satu dengan yang lainnya, sehingga dengan begitu akan menjadi ciri dan keunggulan tersendiri bagi setiap produsen semen. Hal tersebut menuntut pihak manajemen untuk menciptakan strategi agar mampu bersaing dan unggul disbanding produsen-produsen lainnya. Demikian juga halnya di PT. Semen Tonasa Pangkep, yang merupakan produsen semen terbesar diKawasan Timur Indonesia, juga memiliki strategi dan keunggulan yang berbeda disbanding pesaing yang ada

Tujuan
a. Untuk menganalisis sejauh mana pengaruh harga, pelayanan dan fasilitas pendukung terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Semen Tonasa Kabupaten Pangkep.
b. Untuk menganalisis variabel dari harga, pelayanan dan fasilitas pendukung yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Semen Tonasa Kabupaten Pangkep

Hipotesis
1. Diduga bahwa kebijakan harga, pelayanan, dan fasilitas pendukung berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Semen Tonasa Kabupaten Pangkep
2. Diduga pula bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Semen Tonasa Kabupaten Pangkep adalah harga.

Metode
Merujuk pada tujuan penelitian yang telah dikemukakan terdahulu, maka penelitian ini bersifat kuantitatif, yang mana penelitian dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana tanggapan atau jawaban responden. Rancangan penelitian ini berbentuk riset yang dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner mengenai pengaruh kebijakan harga, pelayanan dan fasilitas pendukung terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep mengetahui sejauh mana tanggapan atau jawaban responden. Rancangan penelitian ini berbentuk riset yang dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner mengenai pengaruh kebijakan harga, pelayanan dan fasilitas pendukung terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep .
Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli langsung pada perusahaan PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep yang berjumlah sebanyak 60 responden, yang terdiri atas pihak developer dan pihak distributor.Sedangkan teknik penarikan sampel dengan menggunakan metode non probability sampling, dimana menurut Sugiyono (2011 : 95) yakni teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Sehingga dalam penelitian ini jumlah sampel ditentukan sebanyak 60 responden, dimana untuk developer sebanyak 30 responden dan untuk pihak distributor sebanyak 30 responden.
Jenis dan Sumber Data
1. Jenis Data
a. Data kualitatif yakni data atau informasi yang diperoleh dari perusahaan
bukan dalam bentuk angka-angka tetapi dalam bentuk informasi baik lisan maupun tertulis mengenai gambaran umum perusahaan, struktur organisasi dan uraian tugas masing-masing bagian dalam perusahaan.
b. Data kuantitatif yaitu data atau informasi yang diperoleh dalam bentuk angka-angka dan masih perlu dianalisis kembali, seperti jumlah pelanggan, dan data lainnya yang menunjang penelitian ini
2. Sumber Data
a. Data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada sejumlah responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini.
b. Data sekunder merupakan pelengkap data primer yang umumnya diperoleh dari sumber kepustakaan seperti literatur-literatur, bahan kuliah, catatan, laporan, maupun dokumentasi perusahaan, situs web, internet, karya tulis, buku, dan sumber-sumber lainnya yang erat hubungannya dengan penelitian ini. Data sekunder yang diperlukan terutama dari penelitian terdahulu mengenai kebijakan harga, pelayanan dan fasilitas pendukung terhadap kepuasan pelanggan.
Teknik Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan informasi dan data yang sebaik-baiknya dengan asumsi agar sasaran penulisan dapat dicapai adalah :
1. Penelitian Lapangan (Field Research) yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara :
a. Observasi yaitu teknik penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau peninjauan secara langsung pada lokasi penelitian. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh data di lapangan.
b. Interview yaitu teknik penelitian yang dilakukan dengan mengadakan wawancara secara langsung dengan pimpinan perusahaan, Departemen bagian pemasaran dan penjualan serta responden sehubungan dengan informasi dan data yang dibutuhkan.
c. Kuesioner yakni teknik pengumpulan data dengan menyebarkan sejumlah angket atau pertanyaan-pertanyaan mengenai kebijakan harga pelayanan dan fasilitas pendukung terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Semen Tonasa Kabupaten Pangkep.
2. Penelitian Kepustakaan (Library Research) yaitu metode pengumpulan data dengan mempelajari literatur-literatur, bahan kuliah, dan berbagai buku yang berkaitan dengan masalah yang dibahas untuk dijadikan landasan teori
Metode Analisis
Metode analisis yang digunakan dalam memecahkan masalah yang telah dikemukakan adalah :
1. Analisis deskriptif yaitu suatu analsis untuk menjelaskan gambaran tentang pengaruh kebijakan harga, pelayanan dan fasilitas pendukung terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Semen Tonasa Kabupaten Pangkep melalui kuesioner yang disebarkan kepada sejumlah responden.
2. Analisis regresi linier berganda adalah suatu analisis untuk melihat sejauh mana pengaruh antara harga, pelayanan dan fasilitas pendukung terhadap kepuasan pelanggan, sebagaimana dikemukakan oleh Sugiyono (2011 : 10)sebagai berikut :
3. Uji validitas dan reliabilitas
a. Uji validitas digunakan untuk menguji keabsahan butir instrument penelitian, sebab suatu instrumen penelitian yang valid memengaruhi validitas tinggi, sebaliknya suatu instrumen yang kurang valid berarti memiliki validitas rendah.
b. Uji reliabilitas digunakan untuk menguji keandalan butir instrument penelitian, pengujian reliabilitas terhadap butir instrument penelitian yang reliablejika nilai cronbach alphadi atas 0,60. 4. Pengujian hipotesis
Pembuktian hipotesis tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan uji statistik, sebagai berikut:
a. Uji serempak ( Uji F)
untuk pengujian hipotesis pertama Uji ini digunakan untuk mengetahui apakah seluruh variabel bebasnya secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap variabel terikat. Pengujian dilakukan dengan membandingkan nilai Fhitung
dengan Ftabelpada derajat kesalahan 5% dalam arti (α= 0.05). Apabila nilai Fhitung≥ dari nilai Ftabel, maka berarti variabel bebasnya secara bersama-sama memberikan pengaruh yang bermakna terhadap variabel terikat atau hipotesispertama sehingga dapat diterima.
b. Uji Parsial (Uji t)
untuk pengujian hipotesis kedua Uji ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat apakah bermakna atau tidak. Pengujian dilakukan dengan membandingkan antara nilai thitungmasing-masing variabel bebas dengan nilai ttabel dengan derajat kesalahan 5% dalam arti (α= 0.05). Apabila nilai thitung≥ Ttabel, maka variabel bebasnya memberikan pengaruh bermakna terhadap variabel terikat.
Hasil
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan dari hasil analisis mengenai analisis pengaruh kebijakan harga, pelayanan dan fasilitas pendukung terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Dari hasil pengujian regresi maka diperoleh hasil koefisien regresi untuk
variabel harga, pelayanan dan fasilitas pendukung mempunyai koefisien regresi yang bertanda positif, sehingga dapat dikatakan bahwa ketiga variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kepuasan pelanggan pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis pertama yang diajukan terbukti kebenarannya.
2. Dari hasil koefisien regresi maka dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep adalah pelayanan, hal ini disebabkan karena pelayanan memiliki nilai beta yang terbesar jika dibandingkan dengan variabel harga dan fasilitas pendukung, sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis kedua yang diajukan tidak terbukti kebenarannya.

Link jurnal
http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/8297/JURNAL.pdf?sequence=1

Nama Jurnal
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOYOTA KIJANG (STUDI KASUS PADA PT. NASMOCO KALIGAWE SEMARANG)

Nama Penulis
ENDANG WIJAYANTI (Universitas Diponegoro)
Latar belekang
Perkembangan teknologi yang semakin pesat seiring dengan peningkatan peradaban manusia menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Dengan adanya persaingan mendorong setiap perusahaan untuk menciptakan keunggulan. Syarat yang harus di penuhi oleh suatu perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen dengan harga yang pantas (reasonable). Dengan demikian setiap perusahaan harus mampu memahami perilaku konsumen pada pasar sasarannya, karena kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya.
Apabila perusahaan sudah menetapkan strategi pemasarannya khususnya dalam kebijakan harga maka konsumen akan mempelajari, mencoba, dan menerima produk tersebut. Proses penerimaan konsumen pada suatu produk akan diimplementasikan dalam suatu bentuk keputusan pembelian. Toyota pun dipersepsikan memiliki kualitas produk yang tidak kalah baiknya. Anggapan bahwa Toyota merupakan kendaraan yang awet dan mudah perawatannya telah membuat harga purna jual mobil Toyota Kijang relative tetap tinggi dibandingkan mobil lainnya. Pengembangan yang terus menerus dari Toyota seperti pengembangan dari sisi body dan juga mesin, juga telah semakin memperkuat persepsi kualitas dari Toyota. Hal ini tentu saja sebagai bagian dari upaya membendung pesaing-pesaing yang kini semakin banyak bermunculan dan terus menerus berusaha mengikis pangsa pasar dari Toyota Berdasarkan kenyataan yang ada di masyarakat, ternyata produk
Toyota Kijang sangat diminati oleh konsumen, tetapi ada saja hambatan konsumen dalam hal keputusan pembelian, seperti konsumen setelah melihat produk Toyota ada yang tidak langsung membeli, tetapi ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Faktor yang menjadi penyebabnya antara lain adalah harga yang ditawarkan perusahaan kurang pantas, kualitas produknya tidak sesuai dengan harga produk tersebut.
Untuk mengetahui permasalahan yang ada maka penulis mengadakan penelitian yang didasarkan pada asumsi bahwa adanya keterkaitan yang erat antara harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Toyota Kijang. Hal ini terbukti dengan adanya harga dan kualitas produk yang sesuai dengan harapan konsumen PT. Nasmoco Kaligawe Semarang semakin meningkat. Dari permasalahan diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Toyota Kijang (studi kasus pada PT. Nasmoco Kaligawe Semarang)

Tujuan
a. Untuk mengetahui bagaimana persepsi responden terhadap harga dan kualitas produk PT. Nasmoco Kaligawe Semarang.
b.Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap keputusan pembelian Toyota Kijang pada PT. Nasmoco Kaligawe.
c.Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Toyota Kijang pada PT. Nasmoco Kaligawe.
d.Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Toyota Kijang pada PT. Nasmoco Kaligawe Semarang.

Metode
Penelitian ini menggunakan tipe eksplanatori, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis tentang hubungan antara variabel yang diteliti dan hipotesis yang dirumuskan. (Singarimbun, 1986:3). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk Toyota Kjiang di PT. Nasmoco Kaligawe Semarang pada tahun 2005. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Teknik pengolahan data dengan editing, coding, tabulasi.

Hasil

  1. Harga yang ditawarkan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang masih tergolong mahal karena apabila dibandingkan dengan harga produk pesaing masih tergolong tinggi, tetapi harga bila dibandingkan dengan kualitas produk yang ada tergolong murah, karena kualitas produk yang ditawarkan perusahaan baik dan sebanding atau cocok dengan harganya.
  2. Kualitas produk yang ditawarkan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang tergolong baik dan berkualitas, baik dari keawetan/ketahanannya dilihat dari kualitas mesinnya, kualitas desain/bentuknya, kualitas warna kendaraannya, kualitas kelengkapan perlengkapan (tombol-tombol) kendaraan maupun kualitas dilihat dari keistimewaanya dibandingkan dengan kendaraan yang lain, misalnya keiritan bahan bakar, kecepatan larinya baik, suara mesinnya tidak bising, kelapangan ruangan, kenyamanan sewaktu dikendarai, harga purna jualnya tinggi, mudah perawatannya, kelengkapan keamanan kendaraan. Sehingga ini yang menjadikan pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian kendaraan
  3. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi beberapa faktor, tetapi faktor yang sangat mempengaruhi adalah harga dan kualitas produk. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kualitas produk lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibandingkan dengan harga. Tingkat keputusan pembelian yang kurang tinggi merupakan indikasi terjadinya ketimpangan antara kenyataan yang terjadi dengan apa yang diharapkan responden
  4. Terdapat hubungan positif antara harga terhadap keputusan pembelian
  5. Terdapat hubungan positif antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian
  6. Terdapat hubungan positif antara harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian

Link jurnal
http://eprints.undip.ac.id/13592/1/D2D002211_ENDANG_WIJAYANTI.pdf

Nama : Cindy Hernawan

Npm   : 11212620

Kelas  : 3EA04

About cindyhernawan

+62

Posted on 17/03/2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: